Rabu, 16 Desember 2009

Wayang Kulit Wayang Kulit

Huaw... huaw...
Syapa yang hari Sabtu 12Des2009, tengah malam kemaren nonton Indosiar?
Yappp... ada wayang kulit!! Dalangnya Pak Manteb / Ki Manteb Sudarsono.

Aku sendiri baru nonton sekitar jam 1 dini hari.
Ada lakon yang aku suka soalnya : Limbuk . huehehehhee....
Ada yang tau ?

-mungkin pernah tau-

Limbuk and her daughter
Limbuk ama anaknya


Lucu ^^
Biasanya *DULUUUUUUU*, nontonnya sama Bapak.
Plus dapet informasi gratis dari Bapak tentang semua-semua lakon wayang kulit
*mendengar sambil manggut-manggut*
Ah...jadi kangen masa kecil...

Tapi yang paling aku suka ya lakon ini : Limbuk
Tampil berdua bersama anaknya, biasanya bukan dalam sebuah cerita namun obrolan ringan. Disisipkan guyonan khas jawa.. Kadang Limbuk juga ngajak ngobrol para sinden, dilanjut dengan tembang-tembang jawa. (Denger lagu Lir-Ilir/Prau Layar lagi setelah sekian lamo)
Bahasa (Jawa-nya) ringan, obrolan yang diangkat juga ringan-ringan.
Huhuhu..walaupun aku orang jawa tulen masi gagap-gagap kalo diajak ngomong kejawen alias pake bahasa kromo... *semangatt tetapp belajarrr,ehehehe*

Lalu lalu lalu lalang....

Pak Manteb memperkenalkan salah satu sindennya malam itu
Huuuawww.... Huuuaww....
Dan ada seorang sinden yang berasal dari Jepang !! Ya... dari Jepang dalam arti : asli orang Jepang . Her name is HIROMI SANO.

Yampuun.. ni sinden Hiromi waktu nembang -sumpah,asli suaranya edan... jawa tenan... maknyuss.. di temenin ama karawitan ning nang ningg g l o e n g ...

oh no....

Mbak Hiromi wajahmu Jepang sekaleeee tapi ngobrol ama Pak Manteb
"Ngge.....sami"
"Saness....."
"Monggo..."

keplok-keplok-keplok...rasanya pengen tepuk tangan saat itu juga di depan tv *jam 2 dini hari* Tapi kuurungkan niat-an itu. Bisa-bisa orang rumah kebangun dikira ada pemanggilan burung dara nyasar...

Pak Manteb ama sinden Hiromi juga bercerita sedikit sewaktu beliau perform -ceilah..?ndalang maksudnyah! wayang kulit di Jepang (!). Dalam waktu 1 jam tiketnya sudah terjual habis.

Weleh-weleh... coba jualen tiketnya di Surabaya?

= ** =

Yah mungkin aku kurang begitu 'melek' dengan Reog Ponorogo atau Karapan Sapi di Madura
Tapi aku suka ama wayang kulit ini -Limbuk ^^

Kalau bukan kita yang mencintai syapa lagi.
Masak nunggu sampe di klaim (lagi) ama Malingsia, baru kita mencak-mencak. Dan sadar bahwa ada kebudayaan tersebut di negara kita :)

Ohohoho... sok nasionalis bangett aku.
Tapi ya begitulah, bapak sudah mencekokki aku dengan wayang kulit semenjak aku kecil. Kebetulan klik-nya ama lakon Limbuk ^^

= ** =

Kalo kamu suka kebudayaan Indonesia apa ^^

1 cuap-cuap :):

Pohonku Sepi Sendiri on Desember 16, 2009 2:23 AM mengatakan...

suka wayang kulit ya fent.. aku seh sebenernya suka banget ma crita2 wayang, cuma kadang2 kesulitan memahami bahasanya.. hehe..

Posting Komentar

 

Princess at LoneLy WorLd Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template